Posisi janin, bisa disebut juga presentasi. Posisi pada gambar ini disebut dengan posterior, atau occiput posterior, disingkat OP. Kepala bayi berada di bawah, namun menghadap ke depan.
.
Posisi OP kurang menguntungkan bagi proses persalinan, karena lebih lama dan kontraksinya lebih terasa. Jika terjadi OP di akhir kehamilan, biasanya bayi sulit masuk panggul sebelum persalinan, padahal salah satu pemicu persalinan adalah kepala bayi yang menekan ke bawah. Akibatnya, biasanya bayi OP jika dibiarkan melalui proses alami, akan lahir setelah HPL (postdate).
.
Cara mencegah (dan mengatasi) OP adalah dengan membiasakan postur yang baik, duduk tegak atau bersandar ke depan, hindari bersandar ke belakang, dan hindari duduk menyilangkan kaki.
.
Cara lain until mengatasi adalah berenang (kecuali gaya punggung), beberapa postur yoga, aneka teknik optimalisasi, akupunktur, shiatsu, dll.
.
Jika masih posterior hingga persalinan? Tenang saja Bu, dua pertiga bayi akan memutar ke anterior pada saat persalinan. Sepertiganya dilahirkan pervaginam dalam kondisi posterior, walaupun tentu prosesnya akan lebih menantang.
.
Yuk, jaga posturmu ya Ibu. Jangan lupa berdoa karena semua terjadi atas izin Allah.
.
#op #posteriorbaby #ofp#optimalfetalpositioning #prenatalyoga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *